Friday, June 10, 2011

Fadilah Hari Jumat

Hari Jumat adalah salah satu dari 3 hari raya agama Islam. Banyak sekali keutamaan pada hari besar ini. Pada hari Jumat, Allah SWT mendekatkan hamba-hamba Nya kepada ampunan,pengabulan,santunan dan kasih sayang Nya. Amalan-amalan hari Jumat adalah amalan-amalan yang diutamakan pahalanya. Karena hari Jumat memiliki nilai agama yang besar, maka kaum muslimin dianjurkan untuk menggunakan hari Jumat sebagai hari untuk mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Mulia.

Keistimewaan hari Jumat dibandingkan hari-hari lainnya adalah :
  1. Pada hari Jumat, Allah SWT menyempurnakan serta meridhoi Islam sebagai agama dan nikmat bagi umat manusia.
  2. Allah SWT menjadikan hari Jumat sebagai hari raya mingguan bagi kaum muslimin.
  3. Allah SWT mewajibkan ibadah sholat Jumat kepada laki-laki mukmin muslim. Allah SWT berfirman, " Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk mendirikan sholat Jumat, maka bersegeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkan jual beli. Yang demikian lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila sholat telah didirikan, maka bertebaranlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah. Dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung." (QS 62:9-10)
  4. Allah SWT meridhoi dan menegakkan persaudaraan umat islam dalam jemaah sholat Jumat.
  5. Pada hari Jumat, Allah SWT telah menciptakan Nabi Adam AS, memasukkannya ke dalam surga, mengeluarkannya dari surga, serta memberikannya rahmat dan Ampunan.
  6. Allah SWT memerintahkan kiamat terjadi pada hari Jumat.
Rasulullah SAW menjelaskan fadilah hari Jumat, diantaranya :
  1. "Ada suatu saat di hari Jumat yang jika seorang muslim meminta sesuatu kepada Allah Azza wa Jalla, niscaya Allah akan memenuhinya. "
  2. "Apabila pada hari jumat permintaan kita tidak dipenuhi-Nya, sungguh Allah telah menyimpankan untuk kita bagian yang lebih baik."
  3. "Apabila hamba-hamba Allah SWT selamat pada hari Jumat, maka selamatlah mereka pada hari yang lain."
  4. "Barang siapa mandi, kemudian menghadiri jemaah Jumat, lalu mendirikan sholat sunnah semampunya, kemudian Jumat berjemaah, maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa yang telah dilakukannya sampai Jumat berikutnya ditambah tiga hari setelah itu."
  5. "Barang siapa mandi, kemudian datang menghadiri jemaah Jumat di awal waktu, duduk dekat imam, dan mendengarkan khotbah tanpa berbicara atau menyibukkan diri dengan sesuatu, maka Allah SWT akan memberikan pahala bagi setiap langkah menuju masjid sebesar pahala bagi orang yang berpuasa dan beribadah di malam hari selama satu tahun."
  6. "Apabila seorang Mukmin muslim meninggal pada malam atau hari Jumat, maka Allah SWT akan memberikan pahala Syahid dan menjaganya dari azab kubur."
  7. "Pada hari Jumat, Allah SWT memerdekakan 600.000 orang dari azab api neraka."
Rasulullah SAW memperingatkan :
  1.  "Barang siapa dengan sengaja meninggalkansholat Jumat tiga kali, maka Allah SWT akan menutup hatinya dan menggolongkannya sebagai orang lalai."
  2. "Barang siapa dengan sengaja meninggalkan sholat Jumat, maka diwajibkan baginya bertobat dan bersedekah satu dinar emas (4,5 gram emas ). Jika tidak mampu satu dinar, maka setengah dinar."
Karena keutamaan-keutamaan hari Jumat, Rasulullah SAW mengajak umat islam untuk memperbanyak membaca Al-Quran, berzikir, berdoa, bersedekah dan beribadah lainnya pada malam dan hari Jumat. Beliau memerintahkan agar setiap muslim mandi, berpakain terbaik, dan menggunakan wewangian terbaik ketika akan menghadiri sholat Jumat.

0 Comment:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.